Assalamu"alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh...

Ini adalah blog dari Organisasi Kerohanian Islam (Rohis) SMA Negeri3 Sukoharo. Dibuat oleh Rohis pada periode 2008-2009. Rencananya, blog ini akan berisikan program kerja Rohis, link-link web atau blog Islam, dan artikel-artikel Islami. Bertujuan untuk memudahkan siswa-siswi SMA Negeri 3 Sukoharjo mendapatkan inforemasi-informasi update dari kegiatan Rohis Smagajo secara mudah dan dari mana saja. Blog ini juga berfungsi sebagai sarana silaturahim bagi Alumni Rohis SMA Negeri 3 Sukoharjo dan sarana evaluasi kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan melalui kritik dan saran.

Dalam awal penciptaan blog ini, kami mengharapkan banyak masukan serta artikel-artikel islam, dan juga link-link (blog, friendster, facebook, group, dll) organisasi kerohanian Islam yang anda punya atau yang anda ketahui ke:

rohis.smagajo@gmail.com.

Terimakasih atas kunjungan dan dukungan dari anda, kami harapkan saran dan masukan sebanyak-banyaknya demi baiknya blog ini, Rohis, dan SMA Negeri 3 Sukoharjo tentunya.

mohon maaf atas ketidak nyamanan ini. (developer team)

Selasa, 21 April 2009

muslim.or.id

Hadits Dho’if Menjadi Sandaran Hukum
21 Apr 2009 Kategori: Hadits, Manhaj Salaf

Kaum muslimin yang semoga dirahmati Allah. Saat ini telah tersebar berbagai macam perkara baru dalam agama ini (baca: bid’ah). Seperti contohnya adalah acara tahlilan/yasinan yang tidak pernah dicontohkan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan tidak pernah pula dilakukan oleh para sahabatnya. Dan kebanyakan bid’ah saat ini terjadi dikarenakan tersebarnya hadits dho’if/lemah di tengah-tengah umat. Contoh dari hadits dho’if tersebut adalah tentang keutamaan surat yasin sehingga orang-orang membolehkan adanya yasinan. Hadits tersebut adalah, “Bacakanlah surat yasin untuk orang mati di antara kalian“. (Hadits ini dho’if (lemah) diriwayatkan oleh Abu Daud, Ibnu Majah, dan Nasa’i. Imam Nawawi mengatakan bahwa dalam hadits ini terdapat 2 perawi majhul (tidak dikenal)). Baca selengkapnya »

* 0 komentar

Menolak Bala Tetapi Mengundang Murka
18 Apr 2009 Kategori: Aqidah

Semua orang tentu mendambakan keselamatan dan kebahagiaan, sehingga apabila ada bencana yang mengancam mereka pun berusaha menangkalnya. Dan jika bencana sudah menimpa, maka berbagai cara pun ditempuh untuk menghilangkannya. Dalam keadaan seperti ini, orang yang tidak memiliki pemahaman tauhid yang benar sangat rawan terjerumus dalam kesyirikan.

Baca selengkapnya »

* 5 komentar
* Tags: Syirik

Antara Kata dan Perbuatan
15 Apr 2009 Kategori: Akhlaq dan Nasehat

Tidak disangsikan lagi bahwa adanya perbedaan antara kata dan realita adalah salah satu hal yang sangat berbahaya. Itulah sebab datangnya murka Allah sebagaimana firman-Nya surat Shaff ayat 2 dan 3.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لِمَ تَقُولُونَ مَا لا تَفْعَلُونَ . كَبُرَ مَقْتًا عِنْدَ اللَّهِ أَنْ تَقُولُوا مَا لا تَفْعَلُونَ

“Wahai orang-orang yang beriman, kenapa kamu mengatakan sesuatu yang tidak kamu kerjakan? Amat besar kebencian di sisi Allah bahwa kamu mengatakan apa-apa yang tidak kamu kerjakan.” (QS. As-Shaff: 2-3)

Baca selengkapnya »

* 5 komentar

Bahaya Minuman Memabukkan (Khomr) (4)
14 Apr 2009 Kategori: Akhlaq dan Nasehat, Fiqh dan Muamalah

Hukum Meminum Obat yang Bahan Pencampurnya dari Alkohol

Syaikh Utsaimin menukil perkataan Syaikh Muhammad Rasyid Ridho dari fatawa beliau hal 1631 di mana ia berkata, “Kesimpulannya bahwasanya alkohol adalah zat yang suci dan mensucikan dan merupakan zat yang sangat urgen dalam farmasi dan pengobatan dalam kedokteran serta pabrik-pabrik, dan alkohol masuk dalam obat-obat yang sangat banyak sekali. Pengharaman penggunaan alkohol bagi kaum muslimin menghalangi mereka untuk bisa menjadi pakar dalam banyak bidang ilmu dan proyek, dan hal ini merupakan sebab terbesar keunggulan orang-orang kafir atas kaum muslimin dalam bidang kimia, farmasi, kedokteran pengobatan, dan industri. Pengharaman penggunaan alkohol bisa jadi merupakan sebab terbesar meninggalnya orang-orang yang sakit dan yang terluka atau menyebabkan lama sembuhnya penyakit mereka atau semakin parah sakit mereka.”

Baca selengkapnya »

* 2 komentar

Bahaya Minuman Memabukkan (Khomr) (3)
13 Apr 2009 Kategori: Akhlaq dan Nasehat, Fiqh dan Muamalah

Definisi Khomr

Khomr menurut istilah syariat (terminologi) adalah segala sesuatu yang bisa memabukan tanpa membedakan apakah dari bentuknya nampak bahwa ia memabukan atau bentuknya tidak menunjukkan demikian, dan tanpa memandang dari zat apakah dibuat khomr tersebut, sama saja apakah terbuat dari anggur atau gandum atau nira atau yang lainnya, tanpa memandang apakah berbentuk cairan ataukah berupa zat padat, dan tanpa memandang apakah cara penggunaannya dengan diminum ataukah dengan dimakan atau dengan dihirup, dimasukkan melewati suntikan atau dengan cara apapun, inilah yang di tunjukan oleh hadits-hadits Nabi dan atsar para sahabat.

Baca selengkapnya »

* 0 komentar

Bahaya Minuman Memabukkan (Khomr) (2)
11 Apr 2009 Kategori: Akhlaq dan Nasehat, Fiqh dan Muamalah

Hukum Khomr

Allah telah mengharamkan khomr dengan firman-Nya

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِنَّمَا الْخَمْرُ وَالْمَيْسِرُ وَالْأَنْصَابُ وَالْأَزْلامُ رِجْسٌ مِنْ عَمَلِ الشَّيْطَانِ فَاجْتَنِبُوهُ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُون، إِنَّمَا يُرِيدُ الشَّيْطَانُ أَنْ يُوقِعَ بَيْنَكُمُ الْعَدَاوَةَ وَالْبَغْضَاءَ فِي الْخَمْرِ وَالْمَيْسِرِ وَيَصُدَّكُمْ عَنْ ذِكْرِ اللَّهِ وَعَنِ الصَّلاةِ فَهَلْ أَنْتُمْ مُنْتَهُونَ وَأَطِيعُوا اللَّهَ وَأَطِيعُوا الرَّسُولَ وَاحْذَرُوا فَإِنْ تَوَلَّيْتُمْ فَاعْلَمُوا أَنَّمَا عَلَى رَسُولِنَا الْبَلاغُ

“Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya (meminum) khamar, berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah, adalah najis termasuk perbuatan syaitan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan. Sesungguhnya syaitan itu bermaksud hendak menimbulkan permusuhan dan kebencian diantara kamu dan berjudi itu, dan menghalangi kamu dari mengingat Allah dan shalat; maka tidakkah kalian berhenti (dari mengerjakan pekerjaan itu)?? Dan taatlah kamu kepada Allah dan taatlah kepada Rasul-(Nya) dan berhati-hatilah. Jika kamu berpaling, maka ketahuilah bahwa sesungguhnya kewajiban Rasul Kami, hanyalah menyampaikan (amanat Allah) dengan terang.“ (QS. al-Maidah [5]: 90-92)

Baca selengkapnya »

* 0 komentar

Bahaya Minuman Memabukkan (Khomr) (1)
10 Apr 2009 Kategori: Akhlaq dan Nasehat, Fiqh dan Muamalah

عن سعيد بن أبي بردة عن أبيه عن أبي موسى الأشعري رضي الله عنه أن النبي صلى الله عليه وسلم بعثه إلى اليمن فسأله عن أشربة تصنع بها فقال وما هي قال البتع والمزر -فقلت لأبي بردة ما البتع قال نبيذ العسل والمزر نبيذ الشعير- فقال كل مسكر حرام

Dari Sai’id bin Abi Burdah dari ayahnya dari Abu Musa Al-Asy’ari bahwasanya Nabi ÷ mengutusnya ke negeri Yaman maka ia pun (Abu Musa) bertanya kepada Nabi tentang hukum minum-minuman yang dibuat di Yaman. Nabi pun bertanya kepadanya, “Apakah minum-minuman tersebut?” ia menjawab, Al-Bit’ (Dengan mengkasroh huruf ba’ dan mensukun huruf ta’, dan terkadang dengan memfathah huruf ta’. Fathul Bari, 10/42) dan dan Al-Mizr (Dengan mengkasroh huruf mim dan mensukun huruf zay, Umdatul Qori, 18/3). -Aku (Sa’id bin Abi Burdah) bertanya kepada Abi Burdah, “Apakah itu Al-Bit’?”, ia berkata, “Al-Bit’ adalah nabidz (Dikatakan seseorang membuat nabidz dari kurma atau dari anggur jika ia meletakkan kurma atau anggur tersebut di sebuah bejana yang berisi air hingga memekat hingga akhirnya memabukkan (Lisanul Arab, 3/512) madu dan Al-Mizr adalah nabidz gandum”-. Maka Nabi bersabda, “Setiap yang memabukkan adalah haram.” (HR. Al-Bukhari, 4/1579 no. 4087 dan 5/2269 no. 5773, Muslim 3/1586 no. 1733)

Baca selengkapnya »

* 0 komentar

Kajian Umum: Malapetaka Akibat Kesyirikan (Kebumen, 19 April 2009)
10 Apr 2009 Kategori: Info Dauroh

Pemateri:
Al Ustadz Abu Isa Abdullah bin Salam
(Pengajar Ma’had Ihya’us Sunnah, Tasikmalaya)

Hari/Tanggal:
Ahad, 19 April 2009 (Insya Allah)

Waktu:
Pukul 09.00 - Selesai (WIB)

Tempat:
Masjid Al-Awwabin, Sebelah Timur Stadion Candradimuka, Kebumen

GRATIS dan Terbuka untuk Umum, Ikhwan dan Akhowat

Informasi:
Hudzaifah 0852 3236 0818
Abu Anas 0852 9076 1000

Penyelenggara:
Forum Studi Islam Kebumen (FSIK)

Rute Perjalanan:

1. Dari Arah Timur (Purworejo, Jogja): Naik bus turun di Kedung Bener atau Terminal Kebumen -> Naik minibus ke Kota turun di Masjid Al-Awwabin (Perumahan Darussunnah) sebelah timur stadion Candradimuka Kebumen
2. Dari Arah Barat (Gombong, Purwokerto) : Naik bus turun di Simpang Lima -> Naik minibus arah kebumen turun di Wonoyoso -> Jalan ke Timur ± 500 meter (atau naik angkotan kearah timur biaya ± Rp. 1000)

* 0 komentar
* Tags: Dauroh Umum

Sombong vs Tawadhu
8 Apr 2009 Kategori: Akhlaq dan Nasehat, Tazkiyatun Nufus

Sifat sombong adalah sesuatu yang sangat tercela. Karena Al Qur’an dan As Sunah mencelanya dan mengajak kita untuk meninggalkannya. Bahkan orang yang mempunyai sifat ini diancam tidak masuk ke dalam surga. Sebaliknya, di dalam Al Qur’an Allah memuji hamba-hamba-Nya yang rendah hati dan tawadhu’ kepada sesama. Allah ta’ala berfirman,

وَعِبَادُ الرَّحْمَنِ الَّذِينَ يَمْشُونَ عَلَى الْأَرْضِ هَوْنًا وَإِذَا خَاطَبَهُمُ الْجَاهِلُونَ قَالُوا سَلَامًا

“Hamba-hamba Tuhan Yang Maha Pengasih adalah orang-orang yang berjalan di atas muka bumi dengan rendah hati dan apabila orang jahil menyapa mereka, mereka mengucapkan kata-kata yang baik.” (QS. Al Furqaan: 63)

Baca selengkapnya »

* 0 komentar
* Tags: Manajemen Qalbu

Ketahuilah Dunia Itu Terlaknat
5 Apr 2009 Kategori: Tazkiyatun Nufus

Dunia pada dasarnya bukanlah sesuatu yang harus dijauhi. Namun dunia bisa menjadi penghalang untuk bisa sampai kepada Allah. Harta pada dasarnya bukanlah sesuatu yang di benci. Namun, harta itu tercela jika dia melalaikan dari mengingat Allah. Betapa banyak kaum muslimin yang tertipu dengan gemerlap dunia sehingga lupa akan tujuan penciptaannya. Ironisnya mereka tidak menyadari hal tersebut dan ketika dirinya ditanya, “Apakah yang engkau inginkan, dunia ataukah akhirat?” Serentak dirinya menjawab, “Saya menginginkan akhirat!” Padahal keadaan dirinya menjadi saksi atas kedustaan ucapannya tersebut.

Baca selengkapnya »

* 0 komentar
* Tags: Manajemen Qalbu

Halaman (52): 1 2 3 4 » ... Last »

* RSS FEED

Pencarian:
Donasi Palestina
Laporan Donasi Palestina

Tidak ada komentar:

Posting Komentar